Monday, July 25, 2016

Ayo, Ramaikan Bebersih Bogor !

BOGOR – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprakarsai Program Aksi Hijau Nusantara (AHN) 2016.

Kali ini, tema yang diusung bebersih Bogor. Sekjen Himpunan Alumni IPB, Nelly Oswini mengatakan, ribuan Relawan kebersihan akan dilibatkan. Menurut dia, AHN akan dilaksanakan, Minggu (31/7/2016) mulai pukul 06:00 hingga selesai.

“Berpusat di Lapangan Kodim 0606 Kota Bogor, Jalan Sudirman,” ucapnya kepada Radar Bogor, Minggu (24/07/2016).

Selain bebersih, para relawan tersebut juga akan mengajak masyarakat lain untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Tak hanya itu, menyosialisasikan tata cara pengelolaan sampah dengan konsep Lubang Biopori dan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Nelly berharap, masyarakat mengurangi penggunaan plastik, botol, styrofoam dan bahan-bahan sekali pakai lainnya.

”Kami ingin memberikan inspirasi bagi Generasi Muda untuk menjaga lingkungan,” terangnya.

Ketua Penyelenggara, Mahendra Kusumaputra menambahkan, kegiatan Aksi Hijau Nusantara merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan Bogorku Bersih yang digagas Radar Bogor dan Bogor Sahabat (Bobats).

Dijadwalkan, kata dia, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya akan hadir bersama Walikota Bogor, Komandan Korem 061/SK, Rektor IPB, alumni IPB dan masyarakat memeriahkan acara.

Tak hanya bebersih kota Bogor, berbagai kegiatan yang juga dalam rangkaian AHN 2016. Diantaranya, penghijauan dengan penanaman pohon buah dan pohon pelindung, Gowes Sehat bersepeda untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Kegiatan lain yang dilakukan yakni Operasi Plastik dengan menukar kantong plastik dan bersih-bersih sampah plastik, bertempat di DPD HA-IPB se-Indonesia.

Sahabat Biopori, dengan pembuatan lubang biopori di lingkungan Kodim 0606 Bogor. Tak hanya itu, AHN Expo yang merupakan pameran dengan puluhan booth indutri rumahan.

Untuk membangkitkan semangat AHN, panitia direncanakan akan mendatangi beberapa sekolah di Bogor untuk terlibat diacara tersebut. Kampanye akan dimulai hari ini, Senin (25/7/2016).

Sumber

0 comments:

Post a Comment